Laman

Sabtu, 22 Februari 2014

PKW



Apa pengertian wirausahawan?

Wirausahawan yaitu orang yang memiliki kemampuan melihat serta  menilai peluang-peluang bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk mengambil sebuah tindakan yang tepat guna
untuk meraih kesuksesan dan memasarkannya. Wirausaha biasa disebut Entrepreneur, seorang yang yang membangun sumber daya kerja, orang yang membawa perubahan, inovasi yang mampu meningkatkan suatu nilai yang lebih besar dari sebelumnya.



Apa perbedaan pengusaha, wirausaha, dan penemu?
- Pengusaha : Orang yang menjalankan kegiatan usaha baik usaha jual beli , maupun usaha produksi, yang tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan dan menanggung resiko yang akan terjadi dalam kegiatan usahanya. 
Contoh : Pengusaha Real Estate, Pengusaha Semen
 - Wirausahawan : adalah orang-orang yang mempunyai usaha sendiri. Wirausahawan adalah orang yang berani membuka kegiatan produktif yang mandiri. 
Contoh : Usaha Cappucino cincau, usaha sepatu lukis dll
- Penemu : yaitu orang yang menemukan sesuatu yang berguna bagi kehidupan manusia, penemuannya tersebut tidak ditransformasikan oleh mereka sendiri ke dalam dunia usaha. 
Contoh : Alexander Graham bell yg menemukan telepon, Thomas Alfa Edison yg menemukan lampu dll

Perbedaannya adalah jika pengusaha itu yang menjalankan perusahaan, wirausahawan yang memiliki ide kretif sedangkan penemu yang pertama kali menemukan. Jadi perbedaanya sesuai dari media yang dilakukan


Apa peredaan wirausahawan dan manajer?
wirausahawan berbeda dengan manager. 
     wirausaha dengan manager sama-sama menyatukan dan mengorganisasika faktor produksi, menetapkan hasil sasaran dan mengusahakan hasil akhirnya,
     bedanya adalah bahwa manager mengerjakan tugas-tugas pengambilan keputusan dan pengwasan yang lebih bersifat rutin di bandingkan dengan wirausaha.
      wirausahawan adalah orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan - kesempatan usaha ( bisnis ), mengumpulkan suber-sumber daya yang di butuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya, dan mengambil tindakan yang tepat guna memastikan sukses .  wirausahawan  merupakan pemimpin, dan mereka harus menunjukkan sifat kepemimpinan dalam pelaksanaan sebagian besar kegiatan kegiatan mereka. seorang wirausahawan percaya penuh pada dirinya dalam meciptakan segala sesuatu yang baru (inovatif),  kemampuan inilah yang menjadi suatu ciri khas seoarang wirausahawan.



Apa Kualitas dan Karakterisitik wirausahawan yang sukses?

-ada 10 kunci kualitas yang diperlukan agar sukses:
1. Pengetahuan Khusus
2. Percaya Diri
3. Keuletan
4. Motivasi yang tetap
5.Kreativitas dan Inovasi
6. Pandangan Strategi
7. Kepemimpinan
8. Menghilangkan Ego
9. Kemampuan untuk berbelok/fleksibilitas
10. Etika

- Karakteristik :
1. Menyukai tanggung jawab
2. Lebih menyukai resiko menengah
3. Keyakinan atas kemampuan
4. Hasrat untuk mendapatkan
5. Tingkat energi yang tinggi
6. Orientasi kedepan
7. Ketrampilan
8. Menilai prestasi lebih tinggi dari uang




Wirausahawan dilahirkan, dicetak atau lingkungan?

Seorang wirausahawan dapat dilahirkan, dicetak atau karena lingkungan:
- Dilahirkan, Seorang wirausahawan yang muncul karena memiliki bakat sebagai wirausahawan sejak lahir.
- Dicetak, Seorang wirausahawan yang muncul sebagai hasil dari pendidikan dan pelatihan.
- Lingkungan juga dapat membentuk seseorang menjadi wirausahawan.
     Perdebatan yang sangat klasik adalah perdebatan mengenai apakah wirausahawan itu dilahirkan (is borned) yang menyebabkan seseoarng mempunyai bakat lahiriah untuk menjadi wirausahawan atau sebaliknya wirausahawan itu dibentuk atau dicetak (is made).
   Sebagian pakar berpendapat bahwa wirausahawan itu dilahirkan sebagian pendapat mengatakan bahwa wirausahawan itu dapat dibentuk dengan berbagai contoh dan argumentasinya.
   Pendapat yang sangat moderat adalah tidak mempertentangkan antara  apakah wirausahawan itu dilahirkan, dibentuk atau karena lingkungan.
   Pendapat tersebut menyatakan bahwa untuk menjadi wirausahawan tidak cukup hanya karena bakat (dilahirkan) atau hanya karena dibentuk.
  Wirausahawan yang akan berhasil adalah "wirausahawan yang memiliki bakat yang selanjutnya dibentuk melalui suatu pendidikan atau  pelatihan, dan hidup di lingkungan yang berhubungan dengan dunia usaha."



Apa manfaat mempelajari kewirausahaan?
-Meningkatkan motivasi berwirausaha yang tinggi
-Berguna untuk masa depan
-Memanfaatkan potensi dan melakukan perubahan
-Membudayakan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan dikalangan masyarakat yang mampu, handal dan unggul
-Sebagai informasi untuk membuat usaha



sumber: google

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus