Laman

Sabtu, 22 Februari 2014

Cara Mengatasi Auto Retweet Pada Twitter



Auto retweet atau retweet secara otomatis gak jarang gue temuin pada teman-teman di twitter. Twitter kalian mungkin akan sangat sering me-retweet tweet orang lain dan kebanyakan tweet yang tidak jelas padahal kalian tidak melakukannya. 

Beberapa temen gue pernah nih jadi salah satu korban auto retweet. Mungkin diantara kalian ada yang menjadi korban auto retweet ? Bagaimanakah cara untuk berhenti agar auto retweet tidak terjadi pada twitter kalian lagi ?





Nih yaa sebenarnya auto retweet itu adalah aplikasi yang digunain oleh seseorang yang gak tanggung jawab demi kepuasan dan keuntungan pribadi. 

Gimana sih aplikasi ini bisa mendapatkan akses akun twitter para korban ? 
Mungkin banyak dari kalian yang terjebak dengan suatu link yang membawa kalian ke suatu halaman untuk autentikasi akun twitter kalian. Orang yang membuka akan diminta memasukkan username dan password twitter. Dan jika kalian langsung memasukkan username dan password twitter, seolah-olah kalian mengizinkan aplikasi ini untuk mengakses akun twitter kalian. Aplikasi-aplikasi ini biasanya punya logo dan nama mirip twitter. Ini salah satu contoh aplikasi tersebut :








Atau contoh lainnya yang mengatasnamakan "BBM on iPhone and BBM on Android" yang sedang marak akhir-akhir ini.









Langkah-langkah yang dapat kalian lakukan untuk menghentikan auto retweet pada twitter diantaranya :

  • Buka twitter.com dan login menggunakan username dan password kalian
  • Klik Account Settings (pojok kanan atas) lalu pilih Settings
  • Pada bagian tab kiri, pilih “Apps”, lalu akan tampil seluruh aplikasi yang berhak menggunakan akun twitter kalian. Lihat disana, apakah ada aplikasi yang mencurigakan ? Jika ada silahkan klik Revoke Access pada bagian aplikasi yang ingin diberhentikan aksesnya untuk menggunakan akun kalian
  • Jika kalian bingung, lihatlah tanggal pada aplikasi-aplikasi yang ada disana dan cocokan dengan tanggal pada tweet-tweet awal yang tidak jelas yang merupakan hasil retweet
  • Jika sudah di klik dan muncul tulisan “Undo Revoke Access” artinya aplikasi sudah berhasil dihentikan aksesnya untuk menggunakan akun kalian











Mungkin kalian bingung mengapa bisa terjadi auto retweet ? Cermatilah gambar ini :







1. This application will be able to :

"Post Tweets for you" ini yang membuat twitter kalian jadi auto retweet yang menyebabkan spam pada twitter kalian.



2. This application will not be able to :

"See your Twitter password" menunjukkan aplikasi ini tidak bisa melihat password kalian. Jadi kalau kalian hanya mengganti password, user id, dan email itu tidak akan berhasil menghentikan auto retweet pada twitter kalian.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar